Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Apakah franchisee dianggap sebagai pemilik bisnis

Apa itu Franchisee? Franchisee adalah pemilik usaha kecil independen yang mengoperasikan outlet ritel pihak ketiga yang disebut waralaba. De...


Apa itu Franchisee? Franchisee adalah pemilik usaha kecil independen yang mengoperasikan outlet ritel pihak ketiga yang disebut waralaba. Dengan demikian, franchisee telah membeli hak untuk menggunakan merek dagang bisnis yang ada, merek terkait, dan pengetahuan kepemilikan lainnya untuk memasarkan dan menjual merek yang sama, dan menjunjung tinggi standar yang sama dengan bisnis pertama. Takeaways UtamaFranchisee adalah pemilik usaha kecil yang mengoperasikan waralaba.Franchisee membayar biaya kepada franchisor untuk hak menggunakan kesuksesan bisnis yang sudah mapan, merek dagang, dan pengetahuan kepemilikan.Franchisee menerima bimbingan dan dukungan berkelanjutan dari franchisor.Franchisee memasarkan dan menjual merek yang sama, dan menjunjung tinggi standar yang sama dengan bisnis aslinya.Memahami WaralabaWaralaba adalah cara yang sangat umum dalam melakukan bisnis. Bahkan, sulit untuk mendorong lebih dari beberapa blok di sebagian besar kota tanpa melihat bisnis waralaba. Contoh model bisnis waralaba terkenal termasuk McDonald's (NYSE: MCD), Subway, United Parcel Service (NYSE: UPS), dan H & R Block (NYSE: HRB). Di Amerika Serikat, ada peluang bisnis waralaba yang tersedia di berbagai industri.Ketika sebuah bisnis ingin mengumpulkan lebih banyak pangsa pasar atau meningkatkan kehadiran geografisnya dengan biaya rendah, salah satu solusinya adalah membuat waralaba untuk produk dan nama mereknya. Franchisor adalah bisnis asli atau yang sudah ada yang menjual hak untuk menggunakan nama dan idenya. Franchisee adalah individu yang membeli ke perusahaan asli dengan membeli hak untuk menjual barang atau jasa franchisor di bawah model bisnis dan merek dagang yang ada.Hubungan antara franchisee dan franchisor pada dasarnya adalah salah satu penasihat dan penasihat. Franchisor memberikan panduan dan dukungan berkelanjutan mengenai strategi bisnis umum seperti mempekerjakan dan melatih staf, mendirikan toko, mengiklankan produk atau layanannya, sumber pasokannya, dan sebagainya.Untuk memulai, pemilik waralaba menetapkan franchisee lokasi eksklusif di mana tidak ada waralaba lain dalam bisnis dasar yang sama saat ini beroperasi untuk mencegah persaingan dan membantu memastikan kesuksesan. Sebagai imbalan atas peran penasihat franchisor, penggunaan kekayaan intelektual, dan pengalaman franchisee umumnya membayar biaya startup ditambah persentase pendapatan kotor yang berkelanjutan kepada franchisor.

Ada kelebihan dan kekurangan untuk berinvestasi dalam bisnis yang sudah sukses; seperti halnya investasi apa pun, teliti pilihan Anda secara menyeluruh sebelum Anda memutuskan untuk membeli waralaba. Manfaat FranchiseeMengoperasikan waralaba bisa menjadi usaha yang ideal bagi beberapa pengusaha dengan sedikit pengalaman karena:Biaya pembukaan waralaba seringkali lebih rendah dibandingkan dengan memulai perusahaan dari bawah ke atas, sehingga pewaralaba membutuhkan modal yang sangat sedikit untuk memulai;Konsumen mungkin sudah memiliki pengakuan merek untuk waralaba dan mendapat manfaat dari kampanye iklan mereka; danFranchisee biasanya mendapatkan banyak bantuan, karena pemilik waralaba akan cenderung mengawasi franchisee baru mereka dengan cermat.Tanggung Jawab FranchiseeSeorang franchisee harus mengikuti model bisnis yang telah terbukti yang sudah ada, karena membantu memberikan keadaan operasi yang konsisten di semua perusahaan dengan nama merek yang sama. Franchisee bertanggung jawab untuk mengembangkan waralaba melalui sarana periklanan dan pemasaran yang biasa dalam area operasi eksklusifnya.Namun, semua kampanye pemasaran harus mematuhi dan disetujui oleh lembaga asli sebelum melepaskannya ke publik. Sebagai manajer waralaba, franchisee diharapkan untuk melindungi nama merek franchisor dengan hanya menawarkan produk dan layanan yang disetujui yang terkait dengan nama merek perusahaan asli. Contoh Franchisee: McDonald'sSebuah perusahaan yang memiliki kehadiran global karena waralabanya adalah raksasa makanan cepat saji, McDonald's. McDonald's didirikan pada tahun 1940 oleh McDonald bersaudara di San Bernardino, California. Namun, Ray Kroc membuka waralaba resmi pertama untuk McDonald's System, Inc - pendahulu McDonald's Corp (MCD) hari ini — pada tahun 1955 di Des Plaines, Illinois (pinggiran kota Chicago).Pada akhir tahun fiskal 2020, ada 39.198 restoran McDonald's di 119 negara di seluruh dunia, 93,17% di antaranya waralaba. Jadi, perusahaan memiliki 36.521 franchisee. Tujuan jangka panjang perusahaan adalah agar 95% restoran McDonald's dimiliki oleh pewaralaba.McDonald's memiliki tanah dan bangunan yang digunakan oleh franchisee atau mengamankan sewa jangka panjang untuk situs waralaba. Sebagai bagian dari perjanjian kontraktual dengan perusahaan, franchisee menyediakan sebagian dari modal yang diperlukan dengan melakukan investasi awal dalam peralatan, tempat duduk, dekorasi, dan tanda-tanda di lokasi yang akan disediakan perusahaan. Untuk calon pewaralaba, McDonald's membutuhkan uang muka awal sebesar 25% (dari total biaya) untuk pembelian restoran yang ada; dan setidaknya 25% dari uang muka harus dalam bentuk tunai.Keberhasilan legendaris dari kisah waralaba McDonald's sebagian merupakan hasil dari komitmen perusahaan untuk mempertahankan standar yang konsisten dalam menunya yang beresonansi di berbagai rantainya. Big Mac di Los Angeles harus dan memang memiliki kualitas yang sama dengan yang ada di London. Franchisee mengelola keputusan harga dan masalah kepegawaian mereka sendiri sambil mendapatkan keuntungan dari ekuitas merek dan pengalaman global McDonald's. Apakah Franchisee Memiliki Bisnis?

Ya, franchisee dianggap sebagai pemilik bisnis, meskipun jenis bisnis yang mereka miliki adalah waralaba. Ini dapat membatasi ruang lingkup dan otonomi dari apa yang diizinkan dilakukan pemilik bisnis, sesuai perjanjian waralaba. Misalnya, franchisee McDonald's tidak dapat menjual barang-barang Burger King dan harus menggunakan logo dan branding resmi McDonald's. Apakah Franchisee Sama dengan Franchisor?

Tidak, franchisor adalah entitas yang memiliki kekayaan intelektual, paten, dan merek dagang dari merek atau bisnis yang diwaralabakan. Seorang franchisee membeli hak dan lisensi untuk mengoperasikan lokasi franchisor. Bisakah Franchisee Dipecat atau Dihapus?

Ya, jika franchisee melanggar persyaratan atau perjanjian dalam perjanjian waralaba mereka dapat diakhiri dengan sebab. Penghentian yang dipandang bukan karena sebab dapat diajukan sebagai penghentian waralaba yang salah di pengadilan.

Reponsive Ads